9 Jenis Pintu, Mulai dari Bahan Hingga Fungsinya

pintu garasi

Pintu menjadi bagian penting pada desain sebuah rumah. Kecuali menjadi pengaman pada rumah, pintu juga menampakkan karakter suatu bangunan maupun ruangan.

Sebagai perantara antar ruangnya, pintu akan memberikan kesan pada orang yang memandangnya ditambah lagi warna juga akan memberi pengaruh tampilannya. Tetapi sebelum meletakkan sebuah pintu pada ruangan, kalian sepatutnya mengenal tipe pintu serta kegunaannya.

1. Pintu Kaca

Desain pintu dengan kaca ini lebih banyak dipakai di ruang tengah menuju ke ruang outdoor. Hal ini dikarenakan pintu dengan material kaca mempunyai durabilitas dan tingkat privasi yang rendah. Tentunya mempunyai pintu kaca juga sepatutnya kerap kali dirawat kebersihannya supaya konsisten nyaman dilihat.

Seandainya mau mengaplikasikan pintu tipe ini pada pintu utama, akan lebih dianjurkan mengaplikasikan tipe kaca sandblast dimana kaca menonjol buram sehingga privasi di dalam rumah lebih terjaga.

Baca Juga: pintu wina

 

2. Pintu Kayu

Salah satu pintu yang paling biasa dipakai di kebanyakan rumah ialah pintu kayu. Pintu ini layak dipakai pada beraneka ruangan maupun bangunan. Kecuali materialnya yang gampang didapat, telah cukup banyak juga pengrajin kayu yang gampang dijumpai. Kayu sendiri mempunyai beraneka finishing yang indah sehingga membikin pintu lebih estetik. Materialnya yang menampakkan sisi alami malah juga menjadi poin lebih dalam hunian.

 

3. Pintu Panel

Pintu yang terbuat dari sebagian bagian panel kayu seperti MDF, blockboard, dan sebagainya ini mempunyai harga yang relatif murah dan desain yang fleksibel. Sebab kelebihannya hal yang demikian telah banyak rumah secara khusus rumah ragam lama yang mengaplikasikannya. Pintu panel ini juga bisa dikombinasikan dengan material kaca sebab desainnya dengan bingkai.

 

4. Pintu Alumunium

Pintu besi yang mempunyai kelebihan ringan dan juga murah ini ialah salah satu opsi untuk pintu di rumah. Materialnya yang anti rayap dan juga bendung kepada situasi iklim di Indonesia menjadi opsi yang ramah untuk masyarakat. Walaupun dapat dibilang pintu ini lebih kerap kali dipakai pada ruang tertentu seperti kamar mandi atau gudang sebab karakternya yang kurang megah dan kokoh untuk pintu utama.

 

5. Pintu baja

Material yang kuat dan bendung lama ini ialah bahan yang efisien untuk konstruksi. Kecuali pesat, juga gampang dipasangkan. Sebab aman, anti rayap, dan juga desainnya yang beraneka, pintu ini dapat menjadi opsi utama untuk pintu utama di rumah. Pilih juga desain yang terlihat sehingga rumah terkesan lebih menarik.

 

6. Pintu Fiberglass

Fiberglass ialah material kaca yang berupa anyaman. Material ini juga kuat, ringan, dan aman. Pintu tipe ini juga mempunyai tingkat insulasi yang tinggi sehingga tak akan melengkung walau terkena cuaca esktrim. Fiberglass juga dapat dipadukan dengan panel kayu sehingga menambah poin estetikanya. Amat layak untuk eksterior ataupun interior.

 

7. Pintu PVC

PVC yang ialah singkatan dari poly vinyl chloride ialah bahan plastik yang kerap kali ditemukan pada pipa atau tangki air. Material ini juga menjadi opsi dalam memilih pintu sebab ukuran dan warna yang telah banyak dipasarkan di pasaran.

Harganya malah lebih relatif murah diperbandingkan pintu lainnya. Umumnya pintu ini kerap kali dipakai untuk pintu WC sebab tak pantas jika diwujudkan pintu utama. Padahal pintu PVC ini anti rayap, kokoh, ringan, dan bendung kelembapan akan tapi tak bendung pada cuaca ekstrim.

 

8. Pintu Plipit

Tipe pintu yang betul-betul jarang dipakai pada masa kini punya desain yang simple. Dijadikan dari balok kayu yang dipasang searah dan disatukan, pintu ini akan lebih kerap kali menonjol di daerah seperti peternakan. Akan tapi pemakaiannya pada pintu pagar rumah juga masih bisa menonjol di sebagian wilayah hunian.

 

9. Pintu Flush

Pintu bermaterialkan kayu ini mempunyai desain yang polos. Pintunya ini sendiri terdiri dari kerangka kayu atau mdf yang ditutup dengan triplek 3 mm yang kemudian diberi lapisan seperti veneer atau cat duco. Dapat dibilang pintu ini cukup ringan sebab mempunyai bagan kosong ditengahnya. Harganya relatif murah dan juga telah banyak di pasaran.

Banyak orang yang masih linglung membedakan antara pintu flush dengan pintu panel. Pintu flush kerap kali dipakai pada bangunan modern sebab desainnya yang memberikan kesan elegan dan simple walaupun pintu panel lebih kerap kali ditemui pada bangunan tradisional dengan bentukan panel-panel kayu di pintunya.

 

Baca Juga: pintu garasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *