8 Komponen Penting Dalam Mesin Bor Listrik yang Wajib Kamu Tahu

bor listrik

Mesin bor listrik yang Anda pakai ketika ini rupanya mempunyai komponen-komponen penting loh. Berharap tahu apa saja? Cek isu dibawah ini:

 

1.Column (Tiang)

Komponen dari mesin bor yang dipakai untuk menopang komponen-komponen yang dipakai untuk progres pengeboran. Kolom berbentuk silinder yang memiliki alur atau rel untuk trek gerak vertikal dari meja kerja.

 

2.Base (Dudukan )

Base ini ialah penyangga dari seluruh bagian mesin bor. Base berlokasi paling bawah merekat pada lantai, umumnya dibaut. Pemasangannya patut kuat sebab akan memberi pengaruh keakuratan pengeboran dampak dari getaran yang terjadi.

 

3.Spindle

Komponen yang menggerakkan chuck atau pencekam, yang membatasi / mencekam mata bor.

 

4.Table (Meja)

Komponen yang dipakai untuk meletakkan benda kerja yang akan di bor. Meja kerja bisa disesuaikan secara vertikal untuk mengakomodasi ketinggian profesi yang berbeda atau dapat berputar ke kiri dan ke kanan dengan sumbu poros pada ujung yang merekat pada tiang (column).

Untuk meja yang berbentuk lingkaran dapat diputar 3600 dengan poros ditengah-tengah meja. Kesemuanya itu dilengkapi pengunci (table clamp) untuk menjaga supaya posisi meja cocok dengan yang diperlukan. Untuk menjepit benda kerja supaya membisu mengaplikasikan ragum yang diletakkan di atas meja.

 

5.Drill (Mata Bor)

Ialah suatu alat pembuat lubang atau alur yang efisien. Mata bor yang paling kerap kali dipakai yakni bor spiral, sebab energi hantarnya yang bagus, penyaluran serpih (marah) yang bagus sebab alur-alurnya yang berbentuk sekrup, sudut-sudut sayat yang menguntungkan dan bidang potong bisa diasah tanpa merubah diameter bor.

Bidang–bidang potong bor spiral tak radial namun digeser sehingga menyusun garis-garis singgung pada lingkaran kecil yang ialah hati bor.

 

6.Kelistrikan

Pionir utama dari mesin bor yakni motor listrik, untuk kelengkapanya mulai dari kabel power dan kabel penghubung , fuse / sekring, lampu indicator, saklar on / off dan saklar pengatur kecepatan.

 

7.Spindle head

Ialah rumah dari konstruksi spindle yang digerakkan oleh motor dengan sambungan berupa belt dan dikuasai oleh drill feed handle untuk progres pemakananya.

 

8.Drill Feed Handle

Handel untuk menurunkan atau menekankan spindle dan mata bor ke benda kerja ( memakankan)

 

Baca Juga: harga bor bosch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *