Perbedaan Antara Mobil Bertenaga Diesel Dengan Bensin

mitsubishi colt diesel

Secara teori, mesin diesel dan bensin sangat mirip. Keduanya adalah mesin pembakaran internal yang dirancang untuk mengubah energi kimia yang tersedia dalam bahan bakar menjadi energi mekanik. Lalu, apa yang membedakan kedua mesin ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan berikut.

 

Diesel vs Bensin

Mesin diesel adalah mesin pembakaran internal (ICE). Itu berarti bahan bakar dicampur dengan udara saat masuk ke mesin dan campuran itu dikompresi secara internal, di dalam silinder mesin. Pada titik tertentu, bahan bakar menyala (membakar), mendorong piston ke bawah dan memutar poros engkol, yang terhubung ke transmisi kendaraan dan akhirnya memutar roda. Piston kemudian bergerak naik ke dalam silinder, mendorong gas yang terbakar keluar dari mesin dan mengeluarkannya melalui knalpot. Siklus ini berulang beberapa kali per detik.

Semakin banyak silinder yang dimiliki mesin, maka semakin halus ia berjalan dan semakin banyak kekuatan yang dapat dihasilkannya karena peristiwa pembakaran terjadi sangat berdekatan. Meskipun demikian, semakin banyak silinder yang dimiliki mesin, mesin dapat menjadi lebih kompleks dan mekanismenya pun menjadi tidak efisien. Itulah bagaimana silinder yang dikonfigurasi dapat berpengaruh terhadap kinerja, getaran, dan faktor lainnya pada mesin. Hal ini berlaku untuk mesin bensin dan diesel.

Perbedaan mesin diesel dan bensin adalah bagaimana bahan bakar dinyalakan di dalam mesin. Dalam mesin bensin, udara dan bahan bakar dikompresi dan, pada titik kritis dalam waktu siklus, busi menyulut campuran. Namun, dalam mesin diesel tidak ada busi. Ketika solar dan udara cukup diperas, kompresi ekstrim menghasilkan panas yang cukup sehingga campuran tersebut secara spontan terbakar. Ini dikenal sebagai “pengapian kompresi”, dan ini adalah dasar cara kerja mesin diesel. Ketika mesin bensin memiliki pengapian kompresi, kita sering menyebutnya “ketukan” dan itu dapat merusak mesin bensin. Namun pada mesin diesel, “ketukan” ini dibangun untuk dimanfaatkan.(Baca Jugamitsubishi colt diesel)

 

Itulah perbedaan antara mobil bertenaga diesel dengan bensin. Bagi Anda yang tertarik untuk memperoleh mobil diesel baik untuk keperluan keluarga maupun bisnis, maka Anda dapat mempertimbangkan memperoleh mobil diesel dari Mitsubishi. Hal ini dikarenakan Mitsubishi adalah sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam memproduksi mobil dengan mesin diesel.

Selain itu, saat ini Mitsubishi juga sedang memberikan promo kredit pajero sport dan kredit mitsubishi expander untuk kebutuhan keluarga Anda. Tidak hanya itu, untuk kepentingan logistik bisnis Anda, Mitsubishi pun menyediakan mobil diesel terbaik untuk Anda bernama Mitsubishi Colt Diesel. Untuk dealer Mitsubishi terbaik, Anda dapat menemukannya pada Mitsubishi Alam Sutera. Temukan informasi lebih lanjutnya di http://mitsubishialamsutera.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *