Pilih Warna yang Ideal untuk Plafon Rumah Anda

plafon rumah

Plafon rumah – Plafon pada hunian seringkali dibolehkan polos tanpa warna. Walaupun warna pada plafon bisa memberikan efek tertentu bagi hunian Anda –seperti efek secara visual maupun efek yang menenangkan– tergantung pada warna yang diterapkan.  Mau mengganti warna plafon pada hunian Anda? Sebelumnya, kenal dahulu sebagian fungsi warna untuk plafon rumah Anda seperti yang dirangkum berikut.

1. Efek visual

Fungsi utama warna pada plafon merupakan memberikan efek visual pada sebuah ruang. Kalau Anda mempunyai langit-langit yang rendah dan berkeinginan menampakkan ruangan yang besar dengan langit-langit tinggi, Anda bisa menerapkan warna-warna bernuansa dingin pada plafon. Pakai warna seperti putih, biru, atau hijau muda. Metode lain yaitu dengan menjaga kontras antara warna dinding dan plafon supaya tak berbeda jauh. Umpamanya apabila warna dinding krem atau kuning kecokelatan, Anda bisa menerapkan warna kuning pucat untuk zona plafon.

Sebaliknya, apabila Anda mempunyai langit-langit yang tinggi dan berkeinginan meberikan efek visual lebih rendah untuk mengesankan suasana yang lebih intim dan hangat, Anda bisa menyematkan warna-warna jelas untuk plafon rumah. Warna seperti merah, oranye, atau kuning bisa dengan bagus menjadikan efek visual hal yang demikian. Tidak cuma warna jelas, Anda juga dapat menerapkan warna gelap seperti coklat tua, biru dongker, ungu, atau hijau. Sedangkan mempunyai fungsi yang sama, bagus warna gelap dan jelas, keduanya akan meberikan suasana yang berbeda. Anda yang suka suasana hening bisa memilih warna yang gelap untuk plafon.

Warna Plafon Punya Fungsi
2. Merefleksikan sinar

Warna pada plafon bisa berfungsi untuk merefleksikan sumber sinar. Sebab itu, tidak boleh sembarang memilih warna. Sesuaikan dengan keperluan ruang. Model, apabila Anda mengharapkan ruang mempunyai sinar yang lebih jelas, Anda bisa menerapkan warna merah muda atau biru muda.Kedua warna tadi cakap memberikan kesan ‘ringan’ pada ruang. Sebaliknya, apabila mengharapkan suasana ruang dengan pencahayaan yang lebih kalem, Anda bisa menerapkan warna plafon yang lebih gelap seperti coklat tua, biru tua, atau hijau botol.

Lain lagi, dengan warna merah menyala yang cakap merefleksikan sinar lampu chandelier dengan bagus, membuatnya berpendar dengan menawan. Amati alternatif warna dengan sumber sinar di ruangan hal yang demikian.

3. Merubah suasana ruang

Fungsi terakhir penerapan warna pada plafon merupakan merubah suasana sebuah ruang. Anda bisa menetapkan suasana yang berkeinginan dibangun menerapkan warna. Umpamanya, apabila mengharapkan suasana simpel pada ruang keluarga, pakai warna-warna yang tak terlalu mecolok, umpamanya kuning gading, coklat muda, atau krem. Kalau mengharapkan suasana yang hening pada kamar tidur, Anda bisa menyematkan warna biru, hijau, atau abu-abu.

 

Baca juga : Panel dinding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *