Oleh-oleh spesial tana toraja

Oleh-oleh spesial tana toraja
Orang-orang mengenal tana toraja karena upacara pemakamannya yg akbar serta cara pemakaman yg tidak biasa. Pengalaman berbau mistis tersebut memang hanya bisa dirasakan pada tana toraja, sulawesi selatan. Kalau sudah mencicipi sendiri bukti kearifan lokal “tanahnya para raja”, tidak terdapat salahnya membelikan butir tangan buat orang-orang kesayangan. Berikut adalah adalah 7 oleh-oleh yang mampu kamu bawa sepulangnya dari toraja.

Baca : Mug murah jakarta

Kopi toraja
Tana toraja merupakan wilayah Produsen kopi kualitas ekspor. Pada tanah fertile dataran tinggi toraja, tumbuh kopi arabika dengan cita rasa unik. Taraf keasaman tinggi serta aroma yg spesial membuatnya digemari penikmat kopi mancanegara. Bagi orang toraja, minum kopi sangat lekat menggunakan kehidupan sehari-hari, baik pada acara resmi juga ketika santai. Mencari kopi toraja tidak sulit, tersedia di kios-kios souvenir, pasar, atau toko sang-oleh.

Tau-tau (boneka kayu)
Kehebatan seniman pahat serta ukir toraja tidak perlu diragukan lagi. Lebih jelasnya goresan toraja yang spesial bisa dicermati pada tau-tau atau boneka kayu. Tau-tau artinya keliru satu unsur harus pada upacara pemakaman. Dalam bahasa setempat, tau berarti orang. Jadi, tau-tau kurang lebih berarti orang-orangan. Di upacara pemakaman, kehadiran tau-tau berfungsi menjadi pengingat akan jasa orang yang telah mangkat , sehingga tidak dilupakan sang anak-cucunya kelak. Nah, waktu ini banyak yang menjual tau-tau versi kecil yang mampu kamu bawa balik . Harganya dibanderol rp35 ribu hingga rp500 ribu, tergantung taraf kesulitannya.

Miniatur tongkonan
Satu lagi nih keunikan budaya tana toraja yang mampu kamu “bawa balik ”, yaitu miniatur tongkonan. Rumah adat tongkonan artinya pemandangan lazim waktu berkunjung ke tana toraja. Rumah yang atapnya menyerupai bahtera ini telah terdapat semenjak zaman leluhur. Yg menghasilkan tongkonan ialah rumah ini dibangun tanpa memakai unsur logam (paku, baut, dan lain-lain) namun bisa berdiri kokoh melawan cuaca serta usia. Di bagian atap, ada hiasan tanduk kerbau yang melambangkan kelas sosial pemiliknya. Begitu identiknya rumah tongkonan dengan tana toraja, miniatur rumah norma ini paling laku dibeli wisatawan. Harganya mulai rp50 ribu hingga rp1,5 juta.

Tenun toraja
Bila kamu adalah kolektor kain nusantara, tidak boleh lupa membeli tenun toraja. Pada setiap upacara adat, keberadaan tenun toraja harus hukumnya. Hanya menggunakan sedikit sentuh, absolut memahami ciri khas tenun toraja. Proses pembuatan yg masih tradisional menghasilkan tenun toraja lebih kasar dan berat. Coraknya pun unik, kaya menggunakan permainan garis berwarna merah, kuning, serta hitam. Sentra tenun toraja berada di sa’dan to’barana. Di sana, engkau mampu bertemu pribadi menggunakan perajin tenun toraja dan membeli akibat karya mereka. Kamu mampu beli yg masih berupa kain lebar atau yg sudah menjadi taplak meja atau selendang. Harganya bervariasi, mulai berasal rp100 ribu sampai rp4 juta. Memang tidak murah, tapi sebanding menggunakan proses pembuatannya yang rumit dan lama . Hitung-hitung sekalian membantu perajin lokal melestarikan tenun toraja.

Aksesori spesial toraja
Jika adik, abang, sahabat atau pacar engkau senang gunakan aksesori, jangan lupa beli yang spesial tana toraja, ya! Terdapat kalung, gelang, tas, gantungan kunci yg terbuat asal manik-manik rupawan. Bahkan, terdapat yang disepuh emas pula. Kerajinan manik-manik toraja pula sudah ada semenjak zaman leluhur. Pada pakaian istiadat toraja, yang perempuan mengenakan anting, hiasan ketua, serta kalung terbuat berasal manik-manik. Aksesori toraja umumnya didominasi warna merah, oranye, kuning, hitam, coklat, dan emas.

 

 

Terkait : Souvenir gantungan kunci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *