5 Tips Supaya Anak Berperilaku Baik di Sekolah (Tidak Hanya di Rumah)

Ibu kadang terkejut saat mengetahui anaknya yang bersikap senantiasa baik dan manis di rumah ternyata dapat melakukan hal nakal di sekolah. Seakan-akan anak punya dua kepribadian yang betul-betul bertolak belakang. Hal ini dapat terjadi sebab anak telah sanggup membedakan batasan dan kemungkinan di tiap keadaan atau konteks. Sehingga sikapnya dapat berbeda saat di rumah dan di sekolah.

Agar anak juga dapat bersikap baik di sekolah, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan. Sebagai orang tua, kita perlu mengerjakan perbuatan dan memberi arahan pada anak agar dapat berbuat baik juga di sekolah saat tidak diawasi oleh orang tua. Berikut sejumlah tips yang dapat dicoba.

1. Memberi tahu anak bila dirinya bertanggung jawab atas perilakunya
Hal pertama yang perlu kita lakukan yaitu memberi penjelasan pada anak bahwa dirinya bertanggungjawab atas perilakunya. Sekiranya di rumah dapat bersikap baik, maka di sekolah sepatutnya bersikap baik juga. Ini dapat menjadi hal paling dasar yang perlu ditanamkan pada anak bahwa bersikap baik itu perlu dilaksanakan di mana saja.

Baca Juga: St Monica School Jakarta

2. Cari tahu sikap dan perilaku hati ketika di sekolah
Kadang buah hati bersikap nakal di sekolah sebab merasa tidak diamati ayah dan ibunya. Di sini, kita perlu berkonsultasi dan berbicara dengan guru di sekolahnya untuk mencari tahu sikap dan perilakunya. Lalu, di rumah kita dapat menolong membenarkan perilaku anak di sekolah. Dengan sistem ini, anak dapat lebih hati-hati dan bertanggung jawab dalam berbuat di luar rumah.

3. Sekiranya anak ternyata berperilaku nakal di sekolah, beri dia sanksi
Sanksi di sini bukan dalam arti melukai atau bahkan membuat anak tertekan. Hanya saja kita perlu memperlihatkan ketegasan kita bahwa perilaku negatif itu buruk dan sepatutnya dihukum. Agar anak tidak lagi sembarangan melakukan hal buruk dan negatif di sekitarnya.

4. Dengarkan penjelasannya
Selain perlu bersikap tegas, kita juga perlu menjadi pendengar yang baik untuknya. Memberi kesempatan anak untuk menjelaskan hal yang dialaminya. Dapat jadi semisalnya, alasan ia memukul sahabatnya di sekolah karena sahabatnya itu lebih dahulu berbuat nakal padanya. Kasih ruang pada anak untuk bercerita. Sehingga anak dapat merasa konsisten diperhatikan dan disayangi.

5. Cari tahu penyebab dari unsur luar
Dapat jadi buah hati berbuat nakal di sekolah sebab mengikuti sahabat-sahabatnya yang lain. Atau sebab guru-gurunya yang terlalu keras atau jahat padanya. Coba cari tahu penyebab dari faktor luar. Lalu, apabila memungkinkan memindahkan anak ke lingkungan sekolah yang lain.

Memberi anak untuk bersikap baik di sekolah akan senantiasa memberikan tantangannya tersendiri. Penting juga untuk memahami karakter dan kepribadian anak dengan baik agar dapat menasihatinya dengan tepat.

Simak Juga: Saint Monica School Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *