Mengetahui Kegunaan dan Tipe Wood Plastic Composit (WPC)

Ada bermacam bahan material di jaman sekarang yang menarik untuk dikenal. Salah satunya yakni Wood Plastic Composit atau awam disingkat dengan WPC. Dari namanya pasti Anda bisa menebak bahwa material ini disusun dari percampuran kayu dan plastik. WPS mulai menarik masyarakat di Indonesia sebagai penganti material kayu. Untuk lebih lengkapnya, tulisan kali ini akan membahas kegunaan dan tipe wood plastic composit.

Ketidakhadiran WPC adalah solusi dari harga kayu yang kian melampung. Tidak cuma itu dengan mengaplikasikan WPC akan mengurangi eksploitasi penebangan kayu bisa diminimalisir. Apalagi material satu ini mempunyai lebih banyak keunggulan dibandingi kayu awam. Dengan mencampurkan serat plastik dan kayu, dengan perbandingan 1:1 menghasilkan material ini lebih kuat.

Tidak cuma kuat, WPC juga mempunyai format dan warna yang sungguh-sungguh mirip dengan kayu. Banyak orang yang tak akan dapat membedakan keduanya. Manariknya, kegunaan dan tipe wood plastic compasit berbagai jenis. Untuk mengetahuinya, mari simak penjelasan berikut ini.

Kegunaan Wood Plastic Compasit:

1. Lantai Decking Eksterior
WPC sungguh-sungguh diminati sebagai lantai paling populer. Awalnya cuma untuk decking kayu pinggir kolam renang supaya tak licin sekaligus menambahkan keunikan daerah hal yang demikian. Sekarang ini berbagai lantai seperti lantai rumah, lantai halaman juga mengaplikasikan material WPC.

2. Kursi atau Bangku Taman
WPC mempunyai ketahanan yang bagus melawan cuaca secara khusus hujan sebab terdapat kandungan plastik. Hal yang demikian sungguh-sungguh pantas untuk diaplikasikan sebagai bahan baku pembuatan bangku ataupun kursi taman. Warnanya yang sungguh-sungguh mirip dengan kayu membuat susah dibedakan pastilah menjadi kelebihan utama dari produk satu ini.

3. Dinding Bangunan
Melapisi dinding dengan WPC akan membuat bangunan menjadi kelihatan tradisional tetapi konsisten modern. Pengaplikasian material yang demikian akan menghadirkan dinding kayu dengan suasana natural pada rumah Anda sehingga kelihatan sungguh-sungguh teduh saat diamati. Apalagi warna coklat naturalnya akan menghadirkan kenyamanan serta ketentraman pada bangunan tersebut.

4. Platfon
WPC juga sering kali diaplikasikan sebagai penganti asbes untuk platfon rumah. Dengan mengaplikasikan bahan ini rumah Anda akan kelihatan lebih teduh dan nyaman, serta terlihat minimalis.

5. Pagar Rumah
Ingin menghadirkan pagar kayu yang elegan tetapi takut tak membendung cuaca. Ketidakhadiran WPC menjadi solusinya. Ketahanan WPC bisa disandingkan dengan pagar besi ataupun pagar semen. Dengan mengaplikasikan WPC pagar rumah Anda pasti akan lebih kelihatan mempunyai nilai seni.

Tipe Wood Plastic Compasit:

1. Wood Plastic Composite Hollow (WPCH)
Kayu ini mempunyai karakteristik berlubang sehingga mirip dengan besi hallow. Mempunyai lubang sehingga kelihatan sungguh-sungguh unik dan pantas untuk diaplikasikan sebagai pagar halaman, atap gazebo, serta lantai selasar. Dengan mengaplikasikan material ini, rumah Anda pasti akan lebih kelihatan natural. Harganya juga cukup relatif murah, cuma Rp50.000 per kilogramnya.

2. Kayu Komposit Solid (WPCS)
Tipe ini sungguh-sungguh pantas untuk dinding dan membikin aura minimalis kelihatan dari sebuah bangunan. Format itu juga pantas untuk dibuat dinding sekat dari ruangan-ruangan di dalam rumah. WPCS biasanya berbentuk papan. Terdapat papan yang lurus ataupun melengkung sehingga terlihat artistik.

Ada bermacam kelebihan dari WPC mulai dari ramah lingkungan, sangat mudah dalam perawatan. Tidak cuma itu bahannya juga cukup ringan dan anti rayap sehingga membendung lebih lama. Kelebihan lainnya yakni WPC bisa membendung api, bendungan kepada serangan jamur ataupun lumut. Satu lagi kelebihan paling utama ialah membendung dalam melawan benturan dan erosi.

Demikin kegunaan dan tipe wood plastic compasit (WPC) yang perlu Anda kenal. Semoga memberikan manfaat dan berita yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *